Rabu, 15 Februari 2012

Problematika Bisnis dan Etika

·         Kehidupan kita dihadapkan dengan pandangan non integralistik dalam kehidupan manusia: kehidupan dunia dipahami sebagai versus akhirat, materi versus immateri, jasmani versus rokhani dan lain-lain. Secara teoritis apalagi prinsipil, terutama dalam agama Islam pandangan ini  tidak dikenal, tetapi dalam realitas kehidupan sehari-hari terdapat banyak prakteknya. Di antara penyebabnya adalah kekeliruhan memahami ruang lingkup bisnis itu sendiri, pengaruh paham materialisme atau positivisme, kekeliruan dalam memahami ajaran agama Islam, kekeliruan dalam memahami ilmu tasawuf dan tradisi Jawa terutama yang memisahkan antara pembersihan ruhani dan jasmani. Dalam masyarakat Belanda dikenal suatu istilah bahwa suatu bisnis dapat dijalankan hanya dengan kebohongan.
·         Atas realitas itu muncullah Mitos-mitos dalam dunia ekonomi dan bisnis yaitu Mitos bisnis dunia hitam, bisnis amoral, bisnis immoral, standar ganda
·         Mitos standar ganda;   standar bisnis berlawanan dengan standar etika
·         Mitos bisnis amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa bisnis adalah bisnis dan tidak bisa dicampuradukkan dengan moralitas. Antara bisnis dan moralitas tidak ada kaitan apa-apa dan karena itu merupakan kekeruan kalau kegiatan bisnis dinilai dengan menggunakan tolak ukur moralitas.
·         Mitos bisnis immoral yang menganggap bahwa bisnis merupakan kegiatan tak tepuji dan karenanya perlu dihindari.
·         Mitos bisnis sebagai pengejar maksimalisasi keuntungan menganggap bahwa bisnis adalah kegiatan yang hanya berhubungan dengan keuntungan-keuntungan semata.
·         Mitos bisnis sebagai permainan mengangagap bisnis sebagai arena kompetisi tertutup yang mengasikan atau suatu permainan judi dimana kemenangan menjadi tujuan utama.
·         Dengan kondisi demikian maka, etika bisnis walaupun banyak dibutuhkan tetapi dianggap problematic. Ilmu ini dibutuhkan untuk merubah performen dunia bisnis dan krisis ekonomi. Sulitnya memulihkan krisis ekonomi, karena salah satu akarnya adalah praktek-praktek mal-bisnis. Praktrek mal-bisnis mencakup business crimes maupun business tort. Business crimes adalah perbuatan bisnis yan melanggar hukum (pidana), sedangkan business tort adalah perbuatan bisnis yang melanggar etika.
·         Karena itu salah satu problematika etika bisnis adalah dalam keilmuan etika bisnis itu sendiri. Bagi sementara pihak, problematika etika bisnis terletak pada adanya kesangsian apakah moralitas mempunyai tempat dalam kegiatan bisnis. Menurut kalangan ini bisnis adalah kegiatan manusia  yang bertujuan mencari laba semata-mata. Sebagai konsekuensinya, etika dalam bisnis dianggap akan menghalangi “kesuksesan” bisnis. bisnis dengan dunianya telah ada dalam struktur yang “baku” sebagai proses mencari pemenuhan keinginan dan kebutuhan hidup. Sementara itu etika merupakan disiplin ilmu yang mandiri. Ia adalah ilmu yang berisi patokan-patokan mengenai apa-apa yang benar atau salah, yang baik atau buruk, sehingga dianggap tidak seiring sistem dan struktur bisnis.
·         Sementara itu bagi pihak lainnya, etika bisnis merupakan keharusan dan etika dapat menyatu dengan dunia bisnis. Tanpa etika, bisnis, dunia bisnis tidak dapat terselamatkan
·         Realitas-realitas itulah yang menghalangi tumbuhnya kesadaran-kesadaran baru bagi upaya rekonstruksi dunia bisnis.
·         Untuk menghadapinya maka, diperlukan suatu kesadaran baru. Suatu kesadaran yang dihasilkan melalui apa yang disebut sebagai revolusi akal budi.
·         Revolusi akal budi yaitu melakukan perubahan-perubahan  mendasar mengenai berbagai bidang kehidupan dari konsep lama yang cenderung bersifat stagnan, kaku, tertutup menjadi konsep baru yang revolusioner.
·         Dari pemahaman ini, bangsa Indonesia harus melakukan revolusi akal budi. Action revolusi akal budi, pertama-tama adalah melalui proses pendidikan yang membebaskan. Bukan pendidikan yang membelenggu dan mematikan potensi, kreativitas hingga kehidupan, demokrasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes